Tips Menghemat Energi

Banyak hal terjadi dengan gaya hidup boros masyarakat zaman ini. Salah satunya pemborosan energi. Energi yang saya maksud adalah energi yang menunjang hidup kita seperti makanan, listrik,  dan air yang saat ini mengalami krisis. Terjadi krisis pangan di daerah dan dunia, kenaikan tarif listrik padahal belum semua dapat menjangkau listrik. Serta krisis air bersih untuk penggunaan sehari-hari

Berikut tips menghemat energi yang saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Menghemat kertas
Usahakan pemakaian kertas bolak-balik dan lebih dari sekali. Misalnya dengan menulis secara bertumpuk. Pertama, tulis dengan alat tulis yang tipis, baru untuk pemakaian berikutnya menggunakan bulpen atau spidol.

2. Menghemat listrik
Yang ini dibutuhkan usaha untuk mengingatnya. Saya selalu mematikan lampu setiap keluar kamar, dan meminimalisir penggunaan lampu, terlebih jika tidak ada orang di ruangan tersebut. Tetapi lampu untuk penerangan jalan tetap harus dinyalakan. Kita bisa menempelkan sensor pada lampu supaya mati dan menyala secara otomatis jika keadaan sekitar sudah terang atau gelap. Jadi jika kita bangun kesiangan, lampu penerangan jalan sudah mati.

Televisi dalam keadaan stand by juga memakan energi lho! Cabut kabel dari stop kontak jika tidak ditonton.

Jangan biarkan charger tersambung stop kontak jika tidak ada perangkat yang dicharge. Listriknya akan mengalir dengan percuma,lho!

3. Menghemat air
Mandi dengan shower menghemat air lebih banyak. Pastikan kran air tertutup rapat dan tidak bocor. Kita juga bisa menggunakan air sisa cuci baju untuk menyiram tanaman. Pastikan sabun cuci kalian itu, biodegreable supaya tidak merusak tanah jika disiram ke tanah.

4. Menghemat makanan
Untuk yang mau diet, ini boleh banget kan ya? haha
Sebenarnya bukan mengurangi porsi makan kita, melainkan memakan makanan kita sampai habis supaya tidak terbuang percuma. Limbah dari makanan atau restoran juga berperan dalam pemborosan energi dan perusakan lingkungan.

Makanan diambil secukupnya supaya tidak terbuang percuma. Ya, sama saja dengan mengurangi porsi makan, sih

Masak dengan cara yang baik, seperti tidak terlalu banyak minyak dan menggunakan api yang besar.

Mengurangi makanan dalam kemasan. Usahakan bawa tempat makan sendiri. Membawa alat makan sendiri sangat berperan dalam mengurangi limbah kemasan lho!

Sekian tips dari saya.
Semoga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari juga. Mari berperan sebagai pengehemat energi!

Comments

Popular Posts